Otak kanan

Hampir 1 bulan ibun masih bingung dengan mas azka yang masih suka ngambek dan marah-marah walaupun mas azka masih anak-anak tapi kok beda dengan teman-teman nya, bukan maksud membeda-bedakan anak pastinya semua anak itu berbeda…. berbedanya mas azka di sini yang masih lambat banget menulisnya…. membedakan huruf sulit. Tapi rasa kawatir ibun sedikit terjawab setelah ibun mencari informasi dan gogling-gogling dan hati ibun sedikit LEGA dengan hasil info-info yang ibun kumpulin.

Kenapa mas azka lambat menulisnya… kenapa mas azka belum bisa membedakan huruf b dan d…. kenapa mas azka kalau cerita suka kebolak balik, ternyata mas azka berpikirnya dominan otak kanan. Dimana anak yang dominan otak kanan sering di katakan anak yang lambat berpikirnya atau bodoh atau nakal  … tapi kami ay dan ibun bukan dan tidak menyebut anak-anak itu anak nakal tapi anak yang mempunyai kemampuan berpikir yang berbeda dari mayoritas anak – anak di sekitarnya yang dominan otak kiri. Mas azka kalau di sekolah masih sulit menyelesaikan tugas yang di berikan gurunya…masih lambat sekali.., tugas menulias saja bisa butuh waktu lama. Menulis di buku saja yang seharusnya dari lembar satu atau lembar depan terus lembar sebaliknya tapi mas azka suka mengacak kalau menulis di buku.., dari halaman depan terus halaman tengah … di rumah sudah di kasih tau… mungkin anaknya nyaman nya seperti itu.

Setelah menemukan blog Ayah Edy http://ayahkita.blogspot.com/ lebih banyak masukan tentang anak dominan otak kanan dan kami mencoba menerapkan kepada mas azka, walaupun belum begitu terlihat tapi sudah ada kemajuan dengan mas azka, sudah bisa sedikit mengontrol emosinya. Mas azka ini yang mudah marah-marah, takut dan malas melihat tulisan yang banyak…, sedikit demi sedikit kami menerapkan belajar sambil bermain, setelah sholat magrib mas azka sudah terbiasa duduk di meja belajarnya yang sebelum nya tidak mau belajar di kamar, maunya belajar di depan TV… semua yang dia pelajari tidak ada yang masuk di otaknya adanya marah lagi.

Setelah belajar di kamar nya mas azka, kami pindah belajar sambil bermain di kamar kami, ini permintaan dari mas azka… membaca satu atau dua kata setelah itu dapat bonus naik kuda-kudaan… kuda disini adalah ayah yang menjelma jadi kuda heehe… ternyata sedikit demi sedikit mas azka menikmati belajarnya…, menulisnya juga begitu… alhamdulilah lebih semangat.

beljr

Dan sekarang yang ibun masih memikirkanya, karena kurikulum dan proses belajar di indonesia ini mayoritas menggunakan otak kiri…, yang proses belajarnya duduk diam mendengarkan gurunya menerangkan pelajaran dan suka dengan bahasa.

Seperti yang sudah ibun ceritakan di atas …Mengapa anak otak kanan sering tidak mampu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikannya dengan batas waktu yang cepat, karena pikirannya bekerja berdasarkan inspirasi, imaginasi dan seni. Maka jika kita ingin seorang anak otak kanan mampu menyelesaikan sesuatu, jangan berikan target waktu, tapi berikanlah ketenangan dan kebebasan untuk menyelesaikannya, ia akan bisa lebih cepat selesai.

 

Ini ibun sedikit mengutip ciri-ciri anak dominan otak kanan

Ciri-ciri Anak dominan otak kanan: 

  1.  Terlambat bicara dibandingkan anak seusianya
  2. Sulit Membaca terutama membaca bersuara
  3.   Lebih suka benda/buku yang berwarna-warni
  4. Tidak bisa diberi tugas yang dibatasi oleh waktu (cepat panik dan tidak selesai).
  5. Kurang suka mengerjakan tugas-tugas yang diperintah melainkan memilih sendiri apa yang ingin dikerjakannya.
  6. Sulit mengeja suku kata
  7. Sulit mengerjakan soal-soal matematika logika/rumus-rumus terkadang lebih mudah soal cerita atau perlu dengan asosiasi atau contoh-contoh nyata.
  8. Sering memandang ke atas dan terlihat seperti melamun (Terbengong/day dreaming).
  9. Pada saat berpikir bola matanya bergerak-gerak
  10. Kurang suka mencatat (karena proses mencatat menghambat proses visualisasi)
  11. Sering membaca terbalik-balik
  12. Sulit membedakan huruf d dan b.
  13. Cenderung lebih suka membuat gambar-gambar.
  14. Sering membaca melompat dan beberapa kata tertinggal atau terlompati.
  15. Bisa membaca dari belakang atau dengan urutan terbalik
  16. Jika berbicara tidak runtut dan sistematis.
  17. Sulit mengungkapkan keinginannya dalam bentuk kata/kalimat.
  18. Cenderung sensitif dan sangat emosional.
  19. Sering bicara tidak nyambung dengan pertanyaan.
  20. Cepat hafal tempat/lokasi dan rute perjalanan.
  21. Kadang suka berkhayal dan menceritakan fantasinya
  22. Konsentrasi rendah pada pekerjaan yang kurang disukainya.
  23. Konsentrasi tinggi dan lama pada hal-hal yang menarik minatnya.
  24. Lebih suka ujian Lisan dari pada ujian tertulis.

Setelah belajar membaca mas azka minta di bacakan buku tentang hewan-hewan, masih malas membaca sendiri, tapi pelan-pelan semoga mas azka suka membaca sendiri dan sekarang dirumah kalau sore hari sudah tidak ada suara TV, mas azka pun lebih tenang.

Sedikit pengalaman kami menghadapi anak yang dominan otak kanan… semoga kedepan nya mas azka lebih semangat lagi belajar nya…. menulisnya… membacanya…..

Advertisements

About Azka

Namaku Shada Azka Pradyataka, dipanggil Azka, Tahun ini aku masuk SD lho....
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s